Saturday, June 29, 2013


Jika kamu memiliki koneksi internet yang cukup mumpuni di rumah, kamu bisa membuat media server sendiri dengan mudah lho. Dengan memiliki media server sendiri, kamu bisa menikmati film, video, lagu, atau file media lainnya melalui berbagai perangkat yang kamu miliki.
Misalkan saja kamu ingin menikmati film yang tersimpan di komputer kamar kamu melalui komputer yang ada di ruang keluarga. Atau mungkin kamu ingin mendengarkan lagu yang tersimpan di komputer kamu melalui smartphone atau tablet. Kamu tidak perlu repot-repot mengcopy file nya terlebih dahulu. Cukup dengan membuat media server sendiri di rumah, kamu bisa mengakses semua file media di berbagai perangkat yang kamu miliki.
4 Aplikasi untuk Membuat Media Server Sendiri di Rumah4 Aplikasi untuk Membuat Media Server Sendiri di Rumah
Membuat media server sendiri tidaklah sulit jika menggunakan aplikasi media server. Berikut ini adalah 4 aplikasi media server yang bisa kamu gunakan untuk membuat media server sendiri di rumah:
1. Plex
4 Aplikasi untuk Membuat Media Server Sendiri di Rumah
Plex adalah aplikasi media center dan media server paling populer saat ini. Dengan menggunakan Plex kamu bisa mengakses berbagai file media seperti musik, video, dan foto dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Aplikasi Plex untuk desktop bisa kamu dapatkan secara gratis dan tersedia untuk Windows, Mac, maupun Linux.
Sayangnya aplikasi mobile-nya (Android, iOS, dan Windows Phone) tidak dibagikan secara gratis dan dijual dengan harga $4.99. Salah satu kelebihan Plex adalah adanya fitur transcoding secara real-time. Dengan fitur ini kamu tidak perlu memusingkan apakah perangkat kamu bisa memutar file media tersebut atau tidak. Semua file media akan di transcoding secara real-time agar bisa dinikmati di seluruh perangkat yang kamu miliki.
Kelebihan lainnya adalah adanya fitur MyPlex yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan file media di rumah kamu agar bisa diakses saat kamu sedang di luar rumah. Kamu bisa melihat film di komputer rumah kamu melalui rumah teman, tablet, dll.
Dapatkan Plex disini:
2. Serviio
4 Aplikasi untuk Membuat Media Server Sendiri di Rumah
Serviio terdiri dari 2 versi, yaitu gratis dan Pro (berbayar). Saat pertama kali menginstall, kamu akan langsung disuguhi dengan seluruh fitur Pro selama 15 hari. Sesudah masa trial itu lewat, maka Serviio akan secara otomatis berubah menjadi versi standar.
Serviio bisa kamu gunakan untuk meelakukan streaming file media (video, musik, foto) agar bisa diakses melalui berbagai perangkat lain di rumah kamu. Kamu tidak hanya bisa menstreaming konten local saja, tetapi juga bisa menstreaming konten online.
Serviio mendukung Windows, Mac dan Linux. Aplikasi Serviio untuk mobile juga bisa didapatkan secara gratis, walaupun aplikasi tersebut dibuat oleh pihak ketiga dan bukan oleh pihak Serviio sendiri.
Dapatkan Serviio disini:

3. Subsonic

4 Aplikasi untuk Membuat Media Server Sendiri di Rumah
Subsonic adalah aplikasi media server open source yang sering dimanfaatkan sebagai musik server. Namun demikian, Subsonic juga mendukung video selama video tersebut bisa distreaming melalui http. Setelah kamu install dan kamu setting, semua musik bisa kamu mainkan dari perangkat apapun di rumah kamu. Yang kamu butuhkan hanyalah browser untuk mengakses interface dari Subsonic.
Subsonic mendukung hampir semua file audio dan video yang bisa distreaming melalui http. Berbagai media player dengan fitur network-enable seperti Winamp, VLC, iTunes, Windows Media Player, dll juga bisa digunakan untuk memutar file melalui subsonic media server. Tidak seperti Plex, aplikasi Subsonic untuk Android bisa kamu dapatkan secara gratis.
Subsonic dengan fitur standar bisa digunakan secara gratis 100%. Tetapi untuk bisa menikmati berbagai fitur premium, kamu diminta untuk mendonasikan sekitar 20 Euro untuk pengembangan project Subsonic.
Dapatkan Subsonic Disini:
4. PlayOn
4 Aplikasi untuk Membuat Media Server Sendiri di Rumah
PlayOn adalah aplikasi media server khusus untuk Windows yang bisa melakukan streaming file media lokal maupun online. PlayOn terdiri dari 2 versi yaitu versi Lite (gratis) dan versi Premium (berbayar). Untuk versi Lite, kamu bisa menikmati fitur home media server plus akses ke Pandora dan Youtube. Untuk versi Premium, kamu akan mendapatkan tambahan akses ke lebih dari 60 channel streaming populer seperti CNN, CBS, Netflix, Hulu, Comedy Central, Discovery Channel, Cartoon Network, dll.
Untuk bisa memanfaatkan fitur Home Media Server-nya saja, kamu cukup menggunakan PlayOn Lite yang bisa kamu dapatkan secara gratis.
Dapatkan PlayOn disini:
Itulah ke-4 software media server pilihan kita yang bisa kamu gunakan untuk membuat media server sendiri di rumah dengan mudah. Apakah kamu memiliki aplikasi media server favorit lainnya? Jika ada..silahkan bagikan di kolom komentar. Siapa tahu ada software media server keren lainnya yang kita lewatkan :)

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...